Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?!

Otak manusia organ lainnya terdiri dari dua bagian, yaitu otak kiri otak kanan. Pada dasarnya mereka berbeda dan terpisah. Yah, hampir terpisah tetapi mereka saling terhubung antar satu dan lainnya dengan kabel-kabar saraf. Hubungan antara dua “prosesor raksasa” ini disebut dengan istilah Corpus Collosum. Terhubung bagaikan kabel Ethernet atau koneksi jaringan antara dua buah prosesor komputer yang sangat cepat, dimana mereka bekerjasama untuk menjalankan program yang berbeda dari satu input yang sama.
Bagian otak kanan mengontrol bagian tubuh sebelah kiri, begitu juga sebaliknya. Menurut statistik, jumlah orang yang menulis dengan tangan kiri di populasi dunia hanyalah 10%. Jadi kalian yang menulis dengan tangan kanan berarti lebih sering melatih otak kirinya. Tapi tidak sesederhana itu juga sih konsep dari permasalahan ini, karena kebiasaan kalian dalam penggunaan tangan dalam kehidupan sehari-hari juga mempengaruhi perkembangan otak kalian. Yahh mulai dari cara mengambil barang, membuka pintu, menulis pesan singkat pada telepon genggam, hingga bermain alat musik.
Di internet kalian dapat dengan mudah menemukan ratusan online test untuk mengetahui otak bagian mana yang lebih dominan. Tetapi video optical illusion dibawah ini dapat membantu kamu mendapatkan jawabannya tanpa perlu menjawab puluhan pertanyaan yang mereka sajikan.
Kalau kamu sudah mengetahui bagian mana yang lebih dominan, gunakan tabel dibawah ini untuk sedikit memahami korelasinya dengan kepribadian kalian.



OTAK KIRI  menggunakan logika
orientasi pada detail
fakta adalah segalanya
kata dan bahasa
sekarang dan masa lalu
matematika & sains
dapat memahami
pengetahuan
mengakui
persepsi yang berpola
tahu nama-nama objek
berdasarkan realita
membentuk strategi
praktis
aman
OTAK KANAN  menggunakan perasaan
berorientasi pada gambaran besar
imajinasi adalah segalanya
simbol dan gambar
sekarang dan masa depan
filsafat & agama
mendapatkan makna
percaya
menghargai
persepsi spasial
tahu fungsi objek
berdasarkan fantasi
menciptakan kemungkinan
terburu nafsu
pengambil risiko
Semoga artikel ini berguna buat bahan ngobrol sama kenalan baru, atau kolega kamu, atau bahkan ortu pacar kamu. Bila kalian ingin menyeimbangkan penggunaan otak kalian, mulailah membiasakan diri menggunakan tangan yang lebih jarang dipakai dalam kehidupan sehari-hari, seperti membuat notes singkat, menggosok gigi, dan sebagainya. Memang pada awalnya akan terasa aneh, tetapi lama kelamaan lucu dan seru juga kok….
Seseorang yang lahir kidal akan bertarung dengan senjata di tangan kanan dan menggunakan tangan kirinya untuk melindungi dirinya, sedangkan orang kidal akan melawan dengan tangan kirinya dan melindungi diri dengan tangan kanannya.