Go green : nyook kite tanem pohon !

Lingkungan di sektiar kita sangat menentukan masa depan kita karena kita membutuhkan sumber daya alam yang disediakan oleh bumi untuk mencukupi kebutuhan hidup. Kekayaan alam memang melimpah, tetapi tetap terbatas. Kita harus berusaha untuk menggunakan sumber daya alam sebijak mungkin tanpa merusaknya. Jika bumi tidak bisa lagi menyediakan kekayaan alamnya yang begitu melimpah, manusia tidak akan bisa bertahan hidup untuk waktu yang lama. Sayangnya, kesadaran manusia untuk menjaga lingkungan hidup masih kurang. Mereka merusak keseimbangan lingkungan dengan menebang pohon secara liar tanpa memperhatikan dampak negatif dari tindakan yang mereka lakukan. Maraknya penebangan hutan liar sudah sering kita saksikan di layar kaca atau media massa lain. Demi mendapatkan keuntungan materi yang tidak seberapa, keseimbangan lingkungan hidup dirusak. Untuk menyelamatkan bumi kita, marilah menanam setidaknya satu pohon.

Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang begitu melimpah. Ribuan pulau tersebar sepanjang nusantara dan ratusan juta manusia hidup dari kekayaan alam pulau tersebut. Namun, sumber daya alam yang begitu melimpah mulai dibabat habis untuk kepentingan kaum kapitalis yang memang orientasi utamanya adalah keuntungan materi (uang). Sejak banyak pabrik didirikan, keseimbangan alam mulai terganggu. Asap pabrik menyebarkan polusi udara dan proses produksinya memakan kekayaan alam yang begitu banyak, termasuk pohon. Labuhan Batu adalah salah satu contoh yang membuktikan betapa parahnya kerusakan lingkungan hidup di negeri ini. Degradasi lingkungan tidak hanya merugikan manusia di tempat tersebut, tetapi efek berantai dari kerusakan tersebut juga akan cepat menyebar. Menaman pohon adalah salah satu tindakan yang tepat untuk menyelamatkan lingkungan dari kerusakan yang ditimbulkan oleh tingkah laku manusia.

Manfaat apakah yang bisa kita dapatkan dari gerakan menanam pohon ini? Meskipun pohon baru membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk tumbuh, tindakan ini setidaknya bisa menjadi pencegahan bagi perusakan lingkungan lebih lanjut. Setidaknya, generasi selanjutnya masih bisa menggunakannya. Pohon baru dibutuhkan untuk meregenerasi lingkungan hidup yang sumber dayanya sudah dihabiskan oleh manusia. Jika semua pohon ditebang habis untuk kepentingan industri atau kapitalis, tidak akan ada lagi udara segar yang bisa dinikmati manusia. Keseimbangan alam juga akan terganggu. Satu pohon memang tidak membawa perubahan besar, tetapi perubahan bisa terjadi jika banyak orang mau melakukannya untuk menyelamatkan lingkungan hidup.

Pohon adalah salah satu elemen paling penting dalam ekosistem. Tumbuhanlah yang memegang peranan penting untuk mengubah karbondioksida beracun menjadi oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bernafas. Lingkungan tanpa pepohonan akan menjadi tempat yang panas dan tidak nyaman. Pohon menyediakan udara segar secara gratis dengan jumlah yang tidak terbatas. Tidak pantas bagi kita untuk menebang pohon secara sembarangan karena pohonlah yang menyokong kehidupan kita.

Gerakan menaman pohon memang perlu digalakkan untuk menjaga keberlangsungan lingkungan hidup. Bagaimana cara yang tepat untuk meyakinkan orang lain sehingga mereka mau melakukannya? Pertama, mulailah dari diri sendiri dan ajaklah anggota keluarga untuk melakukannya. Hasilnya memang tidak bisa dilihat dalam waktu dekat karena pohon membutuhkan waktu yang sangat lama untuk tumbuh. Setelah itu, gunakanlah teknologi internet untuk mengajak banyak orang melakukan hal yang sama. Situs jejaring sosial adalah cara yang ampuh dan efektif untuk berkomunikasi dan mengkampanyekan gerakan menanam pohon ini. Dengan jangkauan teknologi komunikasi yang begitu luas, ribuan orang bisa melihat pesan kita di waktu yang sama dan mereka bisa termotivasi untuk melakukan hal yang sama.