Manfaat biji hamoni

Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Mahoni banyak dimanfaatkan batangnya, sedang bijinya ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ini dikarenakan biji mahoni kaya akan saponin dan flavonoid yang mendukung kesehatan tubuh. Peredaran darah yang tidak lancar akibat tersumbat dapat diobati dengan mengkonsumsi biji mahoni. Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat diturunkan oleh mahoni. Manfaat biji mahoni yang lain adalah sebagai pereda rasa sakit, mengurangi timbunan lemak di saluran darah, mengurangi pendarahan, melawan radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penggumpalan darah, meningkatkan fungsi hati, menetralisir kadar gula darah, dll.

Mahoni bersifat anti-jamur dan anti-piretik (menurunkan panas). Buah pahit ini juga berkhasiat untuk menurunkan hipertensi, mengembalikan selera makan, mengobati demam, dan meningkatkan immunitas. Manfaat paling besar dari biji mahoni adalah sebagai obat malaria dan diabetes. Sedangkan efek samping penggunaan biji mahoni dalam dosis berlebihan dapat memicu terbentuknya batu empedu.

Cara Mengkonsumsi Biji Mahoni

1.  Anda bisa makan biji mahoni setelah mengupas kulit luarnya. Tentu saja jika anda tahan dengan rasa pahitnya.

2. Seduh bubuk hasil dari biji mahoni yang telah ditumbuk halus ke dalam air panas.

3. Berbagai ekstrak biji mahoni kini dibuat. Ada yang dikemas dalam bentuk serbuk, kapsul, minyak esensial, serbuk instan, dll. Pilih sesuai selera anda.