3 cara jaga kesehatan kaki

Halo semua :)

Kaki memegang peranan penting untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Makanya, kesehatan kaki sendiri harus kita perhatikan. Soalnya, kaki yang sehat dapat mempermudah kita dalam beraktivitas. Nggak melulu lewat pijat refleksi, kita juga bisa menjaga kesehatan kaki dengan cara simpel ini.

1. Gunakan Sepatu yang Pas
Selain membuat kita lebih mudah beraktivitas, menggunakan sepatu yang pas juga meminimalisir kecelakaan yang terjadi pada kaki. Saat pakai sepatu kekecilan, kaki kita akan lecet ketika digunakan berjalan jauh. Nah, jika kita memakai sepatu kebesaran, kaki akan membawa beban lebih berat dari seharusnya sehingga membuat punggung kaki lebih cepat pegal.

2. Bersihkan Secara Teratur
Malas banget kan, kalau punya bau kaki yang nggak sedap? Kaki yang terlalu lama tertutup dalam sepatu nggak mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga merangsang pertumbuhan jamur. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan kaki dengan sabun dan air bersih setiap selesai menggunakan alas kaki atau bepergian, ya. Selain itu, potonglah kuku kaki secara teratur supaya nggak patah atau cantengan dan bikin kaki bernanah.

3. Nggak Melulu High Heels
High heels memang bikin kaki kelihatan lebih jenjang dan total look lebih anggun. Tapi, memakai high heels terlalu sering bisa bikin kaki cepat kram dan mempengaruhi kondisi sendi dan tulang di kaki. Selain itu, otot betis dan paha yang tertarik berjam-jam setiap harinya karena harus berjinjit saat pakai high heels ini memperbesar kemungkinan terkena varises. Oleh karena itu, gunakanlah flat shoes atau sepatu lain yang punya alas datar untuk mengistirahatkan kaki.

Nah simple banget kan? Mau membiasakan 3 kebiasaan tersebut? :)