Manfaat tidur siang sebentar untu kesehatan

Halooo semuaaa :D

Walaupun kamu sibuk dengan kegiatan di siang hari, pasti selalu ada sedikit kesempatan untuk tidur siang. Tanpa disadari, kamu pasti pernah tertidur dalam perjalanan di kendaraan atau di meja kerja kamu.

Walaupun kamu tidak merasa seperti tidur lama, dua menit tidak terjaga saja ternyata sangat bermanfaat loh.

Tidur siang penting untuk mengenyahkan kantuk dan mengembalikan konsentrasi hingga stamina. Tidur sebentar bisa dirasakan manfaatnya, bahkan walau hanya 10 detik. Penasaran mengapa? Berikut adalah penjelasannya, seperti dilansir dari Mhealthtalk:

1. Tidur 10-20 detik
Ketika sedang naik kereta, kamu mungkin pernah tiba-tiba diserang kantuk hingga tanpa sadar jatuh ke pundak orang di sebelah sebelum kembali tersadar. Jenis tidur yang dinamai ‘tidur siang nano’ seperti ini belum dapat disimpulkan oleh peneliti, apakah ada manfaatnya atau tidak.

2. Tidur 2-5 menit
Pernahkah kamu merasakan kantuk berat di tengah-tengah kelas atau rapat lalu kamu memejamkan mata sesaat hingga tiba-tiba terbangun dengan energi lebih? Peneliti telah menunjukkan bahwa jenis tidur yang disebut tidur siang mikro ini sangat efektif mengusir kantuk.

3. Tidur 5-20 menit
Kalau kamu mengantuk dan memiliki waktu kosong yang lebih, baik di kantor atau selama perjalanan, kamu bisa punya waktu lebih banyak untuk tidur siang mini. Tidur siang dalam durasi tersebut akan dapat meningkatkan kewaspadaan, stamina, pembelajaran motorik, dan kinerja motor.

4. Tidur 20-50 menit
Ini adalah waktu tidur yang paling ideal untuk mendapatkan manfaat dari tidur mikro dan mini. Ini akan meningkatkan memori otot dan membersihkan otak dari ingatan tidak berguna yang akan membantu kemampuan mengingat jangka panjang.

5. Tidur 50-90 menit
Tidur siang seperti ini mungkin sering kamu lakukan setiap waktu libur yang malas. Dalam durasi tersebut, tubuh akan mendapat gelombang lambat dan fase tidur REM yang baik untuk meningkatkan pengolahan persepsi. Ini juga baik untuk pertumbuhan manusia karena hormon akan dikeluarkan.

Nah, kalau kamu lebih sering tidur siang yang mana nih? :p