Waahh, kedua pria cacat ini bisa tanam pohon 10 ribu pohon lho..

Haiii semua, Jia Haixa dan Jia Wenqi bukanlah pria biasa. Tidak seperti orang normal biasa, mereka adalah pasangan terbaik yang menjaga kelestarian alam. 

Sebagai seseorang yang pernah buta dan tidak memiliki lengan, mereka berdua berhasil menanam 10 ribu tanaman dalam satu dekade.

Haixa dan Wenqi mengawali perjalanan indah mereka ketika mereka tak bisa mendapatkan pekerjaan karena kekurangan mereka. 

Mereka kemudian menjadi tangan dan kaki masing-masing. Mereka juga memutuskan untuk mengambil tuhas untuk menanami 3 hektar pinggiran sungai Yeli village, di Provinsi Hebei. 

"Aku tangannya," kata Haixa. "Dia mataku. Kami adalah partner yang baik."

Haixa lahir dengan katarak kongenital yang membutakan mata kirinya. Kemudian, pada tahun 2000, ia kehilangan penglihatan di mata kanannya juga setelah kecelakaan pekerjaan. Di sisi lain, Wenqi kehilangan kedua lengan dalam kecelakaan saat ia baru berusia tiga tahun. 

Keduanya bertemu pada 2001 ketika mereka sama-sama kesulitan mencari uang. Meski cacat, mereka berdua berniat untuk terus meneruskan hidup dengan mengkombinasikan kemampuan mereka untuk mencari uang. 

Dalam sehari, Haixa dan Wenqi meninggalkan rumah mulai jam 7 pagi dengan membawa palu dan linggis. Wenqi membawa teman tunanetranya ke sungai untuk mencapai tempat kerja.

Karena tidak punya modal, mereka menanam secara manual. Meski begitu, mereka tidak pernah berencana untuk berhenti dari pekerjaan ini. 

"Walaupun kami tidak mendapatkan banyak uang selama bertahun-tahun, kami mengakui usaha kami," terang Haixa. "Kami berdiri di kaki kami sendiri. Buah dari hasil kami terasa lebih manis. Meski merasa lapar, tapi kami menemukan ketenangan di hati kami."

Patut dicontoh ya :)