Profile


8 Ball Sleepless In Mind
Genre : HIP HOP/RAP

M. Iqbal merupakan Rapper Maluku yang lahir di Malang yang mulai ngerap sejak tahun 2003 di Jogja. Rapper yang menggunakan nama 8ball untuk nama panggungnya ini, sudah terbiasa untuk mendengarkan musik sejak kecil. Bagi 8ball, Hip Hop memiliki daya tarik tersendiri, hingga memilih rap sebagai cara untuk menyampaikan pesannya. Dengan memiliki influence yang beragam, membuat lagu-lagunya menjadi tidak biasa di tambah karakter suara dan click rapping yang kuat. Seperti kebanyakan rapper, 8Ball juga menulis semua liriknya sendiri. Lirik yang di tulis terinspirasi dari kejadian kejadian di masyarakat dan mengamati kehidupan asmara orang orang di sekitarnya. Lirik yang Cerdas, Jelas, Tegas apa adanya membuat banyak orang yang telah mendengarkannya selalu ingin mendengarkan ulang dan menunggu karya selanjut nya.

Lagu pertamanya berkolaborasi dengan Dimas dengan membentuk Group “Blues Clues” dengan single “Ah sudah ah” di buat setelah menetap di Jogja untuk Kuliah. Tahun 2008, 8Ball mulai memproduksi Lagu Solo-nya. Lagu “Menikahlah Dengan ku”, “Menunggu”, “Pria Banding” adalah 3 lagu yang mulai di garap serius. Saat ini 8Ball sudah memiliki banyak lagu yang di bagikan (Bebas di Unduh/Download) gratis di web Reverbnation.com. Tema dan Lirik di Lagu-lagu yang bebas di unduh ini memiliki banyak variasi, mulai dari yang Serius, Komedi, sampai yang Nakal.

Saat ini di Situs Reverbnation.com, untuk tingkat Nasional (Indonesia) 8Ball menempati posisi ke 2 di bawah Saykoji. Untuk tingkat Regional Jogja, 8Ball menempati posisi Pertama. 8Ball melakukan semua secara bertahap mulai dari Jogja, Jakarta dan kota kota lain. Manggung di kafe-kafe, pentas jalanan, Club, sampai di event Internasional berggengsi Ambon Jazz Plus Festival 2009 lalu.

Jogja Hiphop Foundation yang di gawangi oleh Marzuki (Kill the DJ), sempat mengajak 8ball dan dimas dalam kompilasi Poetry Battle. Dalam kompilasi ini, “Blues Clues” mengganti nama-nya menjadi Gatholoco. Poetry Battle itu adalah kompilasi dimana liriknya di ambil dari puisi puisi karya dari para pujangga. 8Ball juga masuk dalam Film Dokumenter HipHopDiningrat yang di besut oleh Jogja HipHop Foundation. Di Film itu 8Ball menjadi satu satunya Rapper yang berasal dari luar jawa.

8Ball juga membentuk Grup “The Bakutumbu”, sebagai salah satu kontribusinya untuk mengangkat saudara saudara malukunya untuk Ngerapp. The Bakutumbu group ini menjadi salah satu kelompok hip-hop fenomenal dari Maluku. Dia telah memberikan pengaruh pada masyarakat muda di Maluku pada khususnya, bersama dengan mitra rap-nya selama 2 tahun, Aditya Angwarmase dan Gilang Ayuba. Dengan group ini, 8Ball berhasil mengajak teman temannya yang satu daerah untuk berani berkarya dan mengembangkan keahlian dari mereka.

Dalam membuat lagunya, 8ball bekerjasama dengan produsen berbakat dan beberapa seniman dari Indonesia dan luar negeri seperti Mo Charizma (ZeroOne Studio, Jakarta), Faredeck Janjaan (Takaruang Music Lab, Jogjakarta), Ambonwhena (Belanda) dan masih banyak lagi.

Saat ini 8ball memiliki fans base yang besar dan tersebar di seluruh nusantara, dan tidak sedikit yang menjadi penggemar fanatik. Ini dapat di lihat pada lagu “Reason” dengan banyaknya respon untuk dimasukkan dalam satu track yang ada di CD ini. Respon di FB yang melalui Private Message (INBOX) juga banyak, dan ada beberapa permintaan untuk membentuk komunitas “8Ball KnEights” (Sebutan penggemar 8Ball) di beberapa daerah. Kantong Fans Base 8 Ball yang banyak ada di kota Jakarta, Bandung, Ambon, Ternate, Kupang, Batam, Balikpapan, Samarinda dan Papua.

4 comments:

  1. Aku Ayunk, Kneights dari Sukabumi Jawa Barat, Aku Suka Banget Iqball, Tuk Bang 8Ball, mohon bikinin lagu yang Instrumen Bass nya Mantap seperti Lagu "OTO BASS" biar tembah bergetar jantung ku, dan Pada Pecah Kaca jendela Tetangga, dan gentingnya pada jatuh...
    oke... suport tu bang 8Ball

    ReplyDelete
  2. aku wahyu asl cirebon
    aku pertama suka lagu 8 ball gara" dnger lgu cewe santai
    dan smpai skarang bnyak lgu" yg ku suka tp ada lgu yg jd motivasiku slma ne
    "Warteg, lanjutkanlah dan bangkit"
    mmm aku tnggu krya" mu yg buat motivasi smua orang

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Aku madi dari lombok NTB, semua lagunya bang iqball aku suka , apa lagi lagu yang judulnya buka she'titik jos ,, manteb.

    ReplyDelete