4 manfaat madu untuk kesehatan

Halooo semuaaa :D

Pernah nggak sih terpikir buat memakai madu sebagai pengganti gula? Cairan kental manis yang dihasilkan lebah ini nggak cuma rasanya yang lebih enak tapi juga punya banyak manfaat buat tubuh. Soalnya madu mengandung vitamin B1, B2, C, B6, B5 dan B3, yodium, dan seng.

So, apa aja manfat madu lainnya?

1. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah
Memang sih rasa madu lebih manis dibandingkan gula, namun madu memiliki indeks glikemik (tingkatan kadar glukosa darah) rendah. Sehingga dapat memperlambat penyerapan gula dalam darah. Nah, ini berarti lebih sehat buat sistem pencernaan kita. Selain itu, buat yang suka berolahraga nih, madu juga bermanfaat karena madu dapat menjamin ketersediaan karbohidrat selama berolahraga.

2. Merangsang pertumbuhan jaringan
Kandungan di dalam madu, seperti propolis, enzim, serbuk sari, vitamin dan mineral dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru loh. Apalagi untuk masalah luka bakar, dengan madu bisa mempercepat penyembuhan.

3. Meringankan penyakit pernapasan
Madu juga bermanfaat untuk meringankan flu alias pilek, bahkan infeksi pernapasan. Bahkan studi di Bulgaria menunjukkan bahwa madu membantu mengatasi beberapa penyakit seperti asma, alergi, rinitis kronis dan sinusitis.

4. Mengandung antioksidan
Antioksidan yang tinggi sangat berguna untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas Sobat. Nggak itu aja, antioksidan yang dimiliki madu ini juga bermanfaat untuk membuat kita terlihat lebih awet muda loh.

Semoga bermanfaat :)