5 tips jaga kesehatan tulang

Hai guys! Tulang membuat kita dapat bergerak leluasa, sekaligus menjaga organ-organ penting di dalam tubuh. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatannya. Simak yuk, lima cara mudah untuk menjaga kesehatan tulang.

1. Duduk dengan Posisi yang Benar.
Posisi dan kebiasaan duduk dapat mempengaruhi tulang. Posisi duduk yang salah akan menyebabkan pegal-pegal, terutama di bagian leher dan tulang belakang. Posisi duduk yang baik adalah kedua kaki menapak ke lantai, tidak bungkuk, serta menggunakan kursi yang memiliki sandaran.

2. Sering Berjalan Kaki dan Menaiki Tangga.
Olahraga sederhana seperti berjalan kaki dan menaiki tangga dapat menjaga kesehatan tulang. Cobalah berjalan kaki setidaknya 1-2 km setiap hari atau naik 10 anak tangga sebanyak 5-6 kali dalam satu hari. Olahraga ringan ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang bagian kaki.

3. Makan Makanan Berkalsium Tinggi.
Nutrisi yang dibutuhkan tulang adalah kalsium dan vitamin D. Kandungan itu dapat menjaga tulang kuat dan tidak mudah keropos. Mulai yuk, ganti junk food dengan makanan berkalsium tinggi. Tidak perlu repot, kok. Konsumsi saja susu sapi, susu kedelai, keju, yoghurt dan biskuit crackers.

4. Jangan Membawa Barang Terlalu Berat
Bila membawa barang terlalu berat tanpa alat bantu, tulang akan terkena dampaknya. Tulang tangan dan tulang belakang menjadi tidak normal karena menahan beban barang. Oleh karena itu, sesuaikan berat barang bawaan dengan kemampuan tubuh. Jika perlu, gunakan alat bantu.

5. Gunakan Pengaman saat Berolahraga
Bagi penggemar olahraga, wajib meggunakan pengaman sebelum memulai aktivitas. Ini sangat demi keselamatan tulang. Olahraga selalu memiliki risiko kecelakaan yang dapat menyebabkan dislokasi dan patah tulang. Gunakan pengaman tambahan seperti deker, helm, sarung tangan dan kacamata. Jangan lupa sesuaikan jenis sepatu dengan olahraga yang akan dilakukan.

Semoga bermanfaat ya :)