Capai resolusi hidup sehat di tahun 2016!!

Halo teman-teman, setiap pergantian tahun, banyak orang yang memiliki resolusi atau harapan yang ingin dicapai di tahun yang baru atau mewujudkan harapan yang belum tercapai di tahun kemarin. Resolusi yang paling umum biasanya tidak jauh dari kehidupan sehari-hari seperti kesuksesan dan kesehatan.

Nah, bagi kamu yang merasa di tahun 2015 memiliki pola hidup yang kurang sehat dan ingin memperbaikinya di tahun 2016 ini, ada beberapa tips sederhana yang bisa menjadi awalan untuk menjalani hidup yang lebih sehat, seperti berikut.

1. Olahraga
Jika di tahun kemarin kamu masih ogah-ogahan untuk rajin olahraga, di tahun yang baru ini ada baiknya untuk mulai membuang rasa malas itu. Banyak jenis olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh dan tak memerlukan banyak waktu. Misalnya kamu bisa berenang, bersepeda, atau olahraga permaianan setiap akhir pekan.

2. Atur porsi makan
Mengontrol porsi makan dan memiliki batasan asupan kalori sangat penting untuk mencapai gaya hidup yang lebih sehat. Kebiasaan makan tiga kali sehari memang sudah sangat melekat di kehidupan sehari-hari. Tapi cobalah untuk mengubahnya menjadi enam kali sehari dengan masing-masing porsi yang lebih sedikit. Hal ini dilakukan untuk menjaga berat badan dan tubuh tetap memiliki energi seharian.

3. Kurangi konsumsi gula dan garam
Dua jenis rasa yang dihasilkan dari gula dan garam pada makanan memang paling sulit ditolak. Lidah kita sangat menyukai rasa manis dan gurih, tapi jika ingin tubuh lebih sehat di tahun yang baru, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi gula dan garam atau menggantinya dengan bahan yang lebih alami. 


4. Antioksidan
Dapatkan asupan antioksidan sehari-hari dari buah dan sayuran alami karena mereka mengandung antioksidan yang tinggi. Dua porsi sayuran dan seporsi buah setiap harinya adalah awalnya baik. Masukan pula jus buah ke dalam rencana dietmu di tahun baru ini.

5. Berhenti merokok
Bukan rahasia lagi jika merokok memiliki banyak dampak negatif bagi tubuh. Jika merokok adalah salah satu kebiasaan dalam kehidupan sehari-harimu, mulailah untuk sedikit menguranginya atau berhenti sama sekali.

6. Sinar matahari
Paparan sinar matahari memang bisa merusak kulit tapi bukan berarti kamu harus menghindarinya secara ekstrem dengan banyak menggunakan sunblock atau sunscreen. Karena terlalu banyak menggunakan produk tersebut lambat laun bisa membuat kulit mengalami masalah pertahanan terhadap vitamin D.

7. Perawatan gigi
Menyikat gigi dua kali sehari memang sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan jika ingin mendapatkan kesehatan gigi dan mulut. Tapi membersihkan gigi dengan benang khusus untuk gigi dapat membantu menghilangkan plak dan partikel yang tidak diinginkan. Karena tahukah kamu, banyak penyakit yang bisa muncul akibat kondisi mulut dan gigi yang tidak sehat. (dreamers.id)