8Ball Siapkan Album Tahun Ini

Setelah cukup lama memperdengarkan karya-karyanya di industri musik Hip-Hop, nama Muhammad Iqbal a.k.a 8Ball sudah sangat dikenal oleh para penikmat Hip-Hop lokal. Tak hanya itu, karya-karya 8Ball juga telah diapresiasi dengan kehadiran para Kneight (sebutan untuk penggemar 8Ball) di beberapa daerah di tanah air.

Meskipun selalu menggunakan sarana free download untuk memperkenalkan musiknya ke masyarakat, tetapi 8Ball tidak pernah merasa rugi. Ia justru merasa senang karena bisa berbagi karya hingga menimbulkan kepuasan tersendiri. Namun, para penikmat musik 8ball akan kembali dimanjakan dengan kehadiran album perdana sang idola tahun ini. Ingin tahu lebih lengkap tentang 8Ball dan album barunya? Simak hasil wawancara aku dengan 8Ball di bawah ini.

Hey 8 Ball, apa kabar? Cukup lama ya, nggak menyapa teman-teman Hiphopindo.NET?
Yap, baik …

Para Kneights dan penggemar 8Ball dimanapun berada pasti mau tahu seputar kegiatan 8Ball di bulan suci ramadhan ini. Ada kegiatan khusus nggak, nih, selama bulan puasa kemaren?
Kegiatan sih masih tetep sama kayak di bulan lain, berkutat sama Hip-Hop. Namun, yang agak lain mungkin begitu masuk bulan Ramadhan ini, lagi ngasah ilmu seputar audio aja sih, ngulik DAW, mixing mastering, dan lain-lain. Lumayan menarik, sampai lupa waktu. He he he …

Bagaimana Bukber bareng Kneights?
Sudah dilaksanakan tanggal 11 Agustus lalu. Ini berkat antusiasme mereka yang lumayan besar. Semua usul dari mereka juga ditampung, seperti Sahur On The Road atau buka puasa bersama. Bahkan, dari luar kota juga usul untuk diadakan di kota mereka atau sekalian datang ke Jakarta. Namun, akhirnya sukses diadakan di Jakarta.

Bulan puasa lalu, biasanya apa yang dilakukan 8Ball sambil mengisi waktu luang?
Ya itu tadi, ngulik audio. Kebetulan lagi gandrung sama hal satu ini sampai lupa waktu, bahkan materi lagu yang sudah jadi tabungan buat album pun kembali dikulik. Saya mau semua benar-benar sesuai dengan apa yang saya inginkan, meskipun mengoptimalkan peralatan yang sederhana untuk hal satu ini nggak main-main karena ngalor-ngidul prosesnya, dan memang lagi belajar seriusin hal yang satu ini. Sudah lama juga kepikiran untuk garap album dengan andil besar penggarapannya saya yang di “dapur”, semacam kepuasan tersendiri kalau bisa terlibat langsung.

Oh begitu. Lalu, kenapa nggak membuat single religi seperti rapper-rapper lain yang memanfaatkan kesempatan bulan suci Ramadhan?
Sudah ada sih, single “Ramadhan” tahun lalu yang saya garap bareng Arvisco. Cukup itu aja kayaknya, dan mudah-mudahan lagu tersebut tetap “evergreen” sepanjang Ramadhan karena memang temanya bebas muatan apapun, selain memaknai bulan Ramadhan secara umum. Jadi, meskipun didengar kapan saja, asalkan selama bulan Ramadhan nggak bakal ketinggalan jaman.Lagipula banyak pertimbangan kalau untuk bikin lagu religi lagi karena tanggung jawabnya besar.
Ngomong-ngomong, lagi mengerjakan proyek apa nih?
Beberapa single bareng teman-teman Hip-Hop Maluku. Setelah side project yang lalu “The Bakutumbu” sudah nggak jalan, mulai ada inisiatif untuk menggerakkan sesuatu yang baru, dan kebetulan sekarang lagi dalam proses pengerjaan yang melibatkan beberapa musisi asal Maluku di Indonesia dan Belanda. Selain itu juga album saya sendiri tentunya, sekaligus create and sell T-Shirts  (online merchandise store).
Selama ini, 8Ball kan sudah membuat lebih dari 200 lagu. Kira-kira, kapan albumnya rilis?
Tahun ini. Doakan saja :)
Apa nggak merasa rugi kalau terus menerus menggratiskan karya buatan sendiri?
Basically for fun and pass time, jadi nggak ngerasa rugi-rugilah. Yang  jelas, album saya nanti adalah refleksi dari karya gratisan seperti sebelumnya. Paling tidak, ada orang yang tidak merasa ragu untuk membeli album saya, dan tidak menyesal juga membelinya,  tapi karena mereka memang benar-benar ingin memilikinya. Pokoknya banyak pelajaran dari yang gratisan. Saya berfikir ke depan adalah waktu untuk karya saya mulai dihargai dengan dibeli.
Jadi, konsep apa yang akan dipakai untuk album perdana 8Ball nanti?
Karena masih dalam tahap pengerjaan dan seleksi, konsep album secara keseluruhan mencakup komposisi, naratif, dan lirik, bakal mengarah ke sesuatu yang baru dan segar Ini karena dalam pengerjaannya selalu muncul ide baru yang selalu ingin saya masukkan ke dalam materi album.
Bagaimana dengan jadwal perform sampai akhir tahun?
Sejauh ini baru ada tawaran-tawaran saja, tapi untuk pastinya masih belum tahu. Kalau ada tawaran yang masuk, pastinya akan disesuaikan dengan schedule yang sudah lebih dulu confirm.
Terakhir, ada pesan yang ingin disampaikan?
Buat siapa saja yang menunggu album atau karya-karya saya, tahun ini bakal banyak sesuatu yang baru dari saya sendiri, atau bareng teman-teman di Hip-Hop.

Unsur : http://hiphopindo.net/news/8ball-siapkan-album-dan-segudang-karya-tahun-ini/