Fungsi puting susu pria

Meski tak tumbuh membesar,laki2 juga terlahir dng payudara lengkap dng putingnya.Namun berbeda dengan perempuan,puting susu pada laki2 tdk memiliki fungsi laktasi atau menyusui.Lantas untuk apa fungsinya?
Namun demikian,puting pada laki2 juga masih berfungsi sebagai salah 1 zona erotik,meski tak sesensitif pada perempuan.

"Puting pria klo lagi orgasme bisa tegang,sedangkan pada wanita saat baru bergairah payudara sudah mulai membesar dan puting tegak," jelas dokter yang juga merupakan anggota Asosiasi Seksologi Indonesia.

Meski tak dpt membesar layaknya payudara dan puting pada perempuan,nyatanya payudara dan puting pada laki2 juga dpt menghasilkan susu dan mengalami kanker payudara.

Tingkat hormon estrogen yg biasanya terdpt pada perempuan ternyata juga terdpt pada tubuh laki2.Jika terjadi kondisi atau penyakit tertentu yang mempengaruhi hormon,maka jaringan payudara pada laki2 dpt tumbuh,yang disebut dengan gynacomastia.Kondisi inilah yang menyebabkan payudara laki2 juga dapat menghasilkan susu.

Gynacomastia atau pembesaran abnormal pada payudara laki2,lebih sering terlihat pada masa remaja,masa pengembangan ketika hormon banyak berfluktuasi.Hal ini juga terlihat pada beberapa laki2 dengan penyakit hati dan kadang2 pada pecandu alkohol.Salah 1 fungsinya yang sudah sangat jelas memiliki peran dalam proses perangsangan sebelum dan atau ketika Kopulasi terjadi.