Letak jarawat ternyata bisa mendeteksi kesehatan kita lho !

Hai teman-teman, letak jerawat ternyata bisa mendeteksi kesehatan kita loh! Hmm... Memangnya apa hubungannya jerawat di wajah dengan kesehatan tubuh kita?

Menurut dokter kulit Joshua Zeichner, M.D., jerawat enggak muncul secara tiba-tiba. Jerawat muncul karena ada sesuatu yang salah dengan kesehatan kita. Maka dari itu, jerawat bisa mendeteksi kesehatan tubuh.

Seperti apa dan gimana cara mengatasinya? Lihat gambar di bawah dan cocokkan dengan penjelasan di bawah ini.

Dahi (biru): Sistem pencernaan
Cara mengatasi: Lebih rajin mengonsumsi air mineral. Dan, mulai mengurangi makanan siap saji atau makanan beku untuk membersihkan jerawat di area ini.

Di antara alis dan mata (pink): Hati
Cara mengatasi: Mungkin tanpa kita sadari, kita pernah mengonsumsi makanan yang sebenarnya kita cukup alergi di situ. Makanya, wajib banget mulai memperhatikan dan menjaga makanan kita agar hati juga tetap sehat. Terutama, minuman beralkohol wajib banget dihindari.

Pelipis (hijau): Ginjal
Cara mengatasi: Kurangi mengonsumsi kopi, soda dan minuman manis. Ganti dengan minuman beroksigen yang bisa memberi cairan bagi tubuh sehingga baik untuk ginjal dan juga kesehatan kulit wajah kita.

Hidung (putih): Jantung
Cara mengatasi: Jerawat di hidung berarti kita sering mengonsumsi makanan-makanan berkolesterol tinggi. Walau masih muda, enggak ada salahnya buat ngerem terlalu banyak makan daging. Coba ganti dengan ikan dan alpukat.

Pipi (ungu): Sistem pernapasan
Cara mengatasi: Jerawat di area ini umumnya disebabkan oleh alergi dan rokok. Kalau di luar dua hal itu penyebabnya, mungkin kita juga terlalu sering mengonsumsi makanan pedas dan kurang menikmati sayuran hijau. Selain itu, pastikan juga kalau benda-benda yang bersentuhan langsung dengan pipi kita: hape, sarung bantal dan tangan benar-benar dalam keadaan bersih.

Di luar dan sudut bibir (turquoise): Hormon
Cara mengatasi: Cukup tidur itu penting! He-he-he. Jerawat ini sering menyerang cewek-cewek yang suka begadang. Selain menimbulkan jerawat, kurang tidur juga mengganggu siklus menstruasi dan hormon kewanitaan kita. Maka dari itu, tidur yang cukup dan rajin membersihkan wajah juga saat tidur.

Dagu (kuning): Perut
Cara mengatasi: Area ini memang berhubungan langsung dengan perut. Kita bisa menghindari timbulnya jerawat dan munculnya penyakit di bagian perut dengan minum air mineral lebih banyak dan olahraga yang cukup. Dan, konsumsi makanan berserat: kacang merah, oatmeal, bunci, dsb. yang bisa membuat pencernaan dan buang air besar lancar.

Nah sudah tahu kan? Yuk cocokkan dengan jerawat kamu!