Kemesraan antara monyet dan singa

Bismillaah..

Seorang anak gadis kecil pergi ke kebun binatang bersama ayahnya. Di sana ia melihat seekor monyet bermain dan bercumbu bersama pasangannya.

Gadis kecil itu berkata kepada ayahnya:

"Ayah, lihat... menakjubkan sekali monyet itu.... Ia sungguh mencitai pasangannya...".

"Oh ya?". Jawab sang ayah singkat.

Kemudian ayah dan anak itu melanjutkan berkeliling ke kandang singa yang letaknya tak jauh dari situ. Di sana, gadis kecil itu melihat singa duduk menyendiri dengan diam, ia agak berjauhan dari pasangannya.

Gadis kecil itu kembali berkomentar:

Kasihan sekali keluarga singa ini... Sungguh tidak mesra sama sekali!!!" Ujarnya.

"Oh ya?". Ujar sang ayah singkat seperti di awal.

Tak lama kemudian, ayah gadis tersebut menyerahkan sebuah botol kosong kepada putrinya:

"Anakku, coba lemparkan botol kosong ini ke arah betina singa itu dan saksikan apa yang akan terjadi!".

Gadis kecil itu pun melempar botol kosong tersebut. Seketika itu juga, sang singa jantan yang sedang duduk itu tiba-tiba bangkit ke arah pasangannya sambil mengaum tanda marah demi membela betinanya.

Si gadis kecil itu berlari ketakutan. Kemudian ayahnya kembali berkata:

"Sekarang, coba lemparkan botol ini ke arah monyet betina itu!".

Gadis kecil itu pun menurut, ia melempar botol kosong itu, dan dengan spontan monyet jantan langsung kabur menghindari lemparan botol mengenai dirinya, tanpa mempedulikan betinanya.

Gadis kecil itu terperangah. Lalu sang ayah berkata kepadanya:

"Putriku... Seperti itu lah cinta... Jangan sampai tertipu dengan tampilan manusia di hadapanmu... Cinta itu adalah tindakan, bukan kata-kata!! Ada orang yang menipu orang lain dengan perasaan palsunya dan ada juga orang yang memelihara perasaan cintanya kepada orang lain di dalam hatinya yang tersembunyi.  Orang yang jujur memenuhi hatinya dengan cinta dan kamu akan melihat buktinya pada tindakan mereka.

Kadang-kadang... sekali lagi, kadang-kadang kita melihat orang yang mengumbar kemesraan suami-istri di sosmed, tiba-tiba seminggu setelah itu mereka sudah pisah. Rumah tangganya sangat rapuh dan goyah.

Ada kalanya, kemesraan yang mereka diumbar hanya untuk menutupi permasalahan yang ada di dalam. Semoga Allah karunakan kepada kita rumah tangga yang bahagia. Aamiin..

Wassalaam 😊


1 comment: